Proposal Usaha Dagang

Proposal Usaha Dagang

Anggota Kelompok

Fernando Rindorindo             17021106016
Ginaputri Mansa                     17021106024
Treysi Pusung                         17021106025
Filemon Liem                          17021106009
Eduardo Christianto               16021106017

1.   Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan pada Tuhan yang maha Esa, atas berkat dan rahmatnya, kelompok kami dapat menyelesaikan proposal Usaha Dagang ini. Proposal ini dibuat berdasarkan kebutuhan konsumen dan trend barang-barang yang ada pada saat ini, sehingga proses usaha dagang dapat terlaksanan dengan lancar. Diucapkan terima kasih kepada setiap pihak yang telah ambil bagian dalam pembuatan proposal ini, sehingga dapat terselesakan dengan baik.

2.   Daftar Isi

1.     Kata pengantar
2.    Daftar isi
3.    Bab I PENDAHULUAN
3.1  Latar Belakang
3.2  Tujuan
4.    Bab II PELAKSANAAN KEGIATAN DAGANG
4.1  Aspek pemasaran
4.1.1       Produk yang dijual
4.1.2      Sasaran pembeli
4.1.3      Arean penjualan
4.2 Strategi Pemasaran
5.    Bab III Penutupan


3.   BAB I PENDAHULUAN

          3.1 Latar Belakang

Semakin maju dan berkembangnya ilmu pengetahuan saat ini, maka mahasiswa diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri, sehingga dapat mengurangi pengangguran. Dengan adanya uji praktek ini mahasiswa diharapkan dapat mengembangakn kreatifitas untuk menjadi seorang wirausahaan.
Usaha kecil yaitu salah satu kegiatan yang dapat menunjang perekonomian. Dengan diadakannya praktek diharapkan menghasilkan tenaga kerja yang terampil.





            3.2 Tujuan

Tujuan dari kegiatan usaha dagang ini adalah sebagai berikut
-      Memberikan pengalaman bagi mahasiswa, bagaimana mengolah suatu usaha dalam dunia nyata dan memberikan pengalaman bagaimana cara menghadapi konsumen
-      Memberikan pemasukan tambahan bagi mahasiswa, untuk membantu memnuhi kebutuhan hidup sehari-hari
-      Memberi pengalaman bagaimana cara mendapatkan keuntungan maksimal dari menjual suatu produk

4.   BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN DAGANG

4.1  Aspek pemasaran
4.1.1     Produk yang dijual

1.      Totte Bag
Totte bag adalah suatu produk Tas sederhana dengan gambar dan motif yang dicetak.
2.     Pin
Pin adalah Aksesoris yang memiliki gambar dan bisa digunakan disemua media yang berbahan dasar kain.

4.1.2    Sasaran pembeli

Sasaran pembeli kami adalah mahasiswa universitas sam ratulangi khususnya mahasiswa jurusan teknik, dan penduduk sekitar kampus

4.1.3    Area Penjualan

Dalam kampus dan luar kampus, serta mencakup seluruh warganet atau netizen.

4.2 Strategi Penjualan

Kami akan menggunakan teknologi informasi sebagai strategi penjualan kami. Kami akan menggunakan beberapa platform social media dan toko online sebagai media promosi kami sahingga promosi bisa lebih mudah tersampaikan kepada pihak konsumen
Media sosial tersebut merupakan
-        Facebook
-        Instagram
-        Line
-        Whatsapp
Media toko online
-        Tokopedia
Dan selain media sosial dan toko online, kita juga melakukan promosi secara langsung kepada masyarakat.

5.   BAB III PENUTUP

            Demikianlah proposal tentang usaha dagang. Jika ada salah kata atau kalimat mohon dimaafkan karena kami sadar kami hanyalah manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Biarlah proposal  ini dapat digunakan dengan semestinya, sehingga rencana kegiatan usaha dagang kami dapat terjadi dengan segala baik.

Comments

Popular posts from this blog

Survey Tempat Usaha : Mas Narto

Kisah Inspiratif Pendiri Alibaba.com, Jack Ma