Proposal Usaha Dagang
Proposal Usaha Dagang
Anggota Kelompok
Fernando Rindorindo 17021106016
Ginaputri Mansa 17021106024
Treysi Pusung 17021106025
Filemon Liem 17021106009
Eduardo Christianto 16021106017
Eduardo Christianto 16021106017
1.
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan pada Tuhan yang maha
Esa, atas berkat dan rahmatnya, kelompok kami dapat menyelesaikan proposal
Usaha Dagang ini. Proposal ini dibuat berdasarkan kebutuhan konsumen dan trend
barang-barang yang ada pada saat ini, sehingga proses usaha dagang dapat
terlaksanan dengan lancar. Diucapkan terima kasih kepada setiap pihak yang
telah ambil bagian dalam pembuatan proposal ini, sehingga dapat terselesakan
dengan baik.
2.
Daftar Isi
1.
Kata pengantar
2.
Daftar isi
3.
Bab I
PENDAHULUAN
3.1 Latar Belakang
3.2 Tujuan
4.
Bab II
PELAKSANAAN KEGIATAN DAGANG
4.1 Aspek pemasaran
4.1.1
Produk yang
dijual
4.1.2
Sasaran
pembeli
4.1.3
Arean
penjualan
4.2 Strategi Pemasaran
5.
Bab III Penutupan
3.
BAB I PENDAHULUAN
3.1 Latar Belakang
Semakin maju dan
berkembangnya ilmu pengetahuan saat ini, maka mahasiswa diharapkan mampu
membuka lapangan pekerjaan sendiri, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
Dengan adanya uji praktek ini mahasiswa diharapkan dapat mengembangakn
kreatifitas untuk menjadi seorang wirausahaan.
Usaha kecil yaitu salah satu kegiatan yang dapat menunjang perekonomian.
Dengan diadakannya praktek diharapkan menghasilkan tenaga kerja yang terampil.
3.2 Tujuan
Tujuan dari kegiatan usaha dagang ini adalah sebagai berikut
- Memberikan pengalaman bagi mahasiswa, bagaimana mengolah suatu usaha dalam
dunia nyata dan memberikan pengalaman bagaimana cara menghadapi konsumen
- Memberikan pemasukan tambahan bagi mahasiswa, untuk membantu memnuhi
kebutuhan hidup sehari-hari
- Memberi pengalaman bagaimana cara mendapatkan keuntungan maksimal dari
menjual suatu produk
4.
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN DAGANG
4.1 Aspek pemasaran
4.1.1 Produk yang dijual
1.
Totte Bag
Totte bag adalah suatu produk Tas
sederhana dengan gambar dan motif yang dicetak.
2.
Pin
Pin adalah Aksesoris yang memiliki
gambar dan bisa digunakan disemua media yang berbahan dasar kain.
4.1.2 Sasaran pembeli
Sasaran pembeli kami adalah mahasiswa
universitas sam ratulangi khususnya mahasiswa jurusan teknik, dan penduduk
sekitar kampus
4.1.3 Area Penjualan
Dalam kampus dan luar kampus, serta mencakup seluruh warganet atau netizen.
4.2 Strategi Penjualan
Kami akan menggunakan teknologi
informasi sebagai strategi penjualan kami. Kami akan menggunakan beberapa
platform social media dan toko online sebagai media promosi kami sahingga
promosi bisa lebih mudah tersampaikan kepada pihak konsumen
Media sosial tersebut merupakan
-
Facebook
-
Instagram
-
Line
-
Whatsapp
Media toko online
-
Tokopedia
Dan selain media sosial dan toko online,
kita juga melakukan promosi secara langsung kepada masyarakat.
5.
BAB III PENUTUP
Demikianlah proposal
tentang usaha dagang. Jika ada salah kata atau kalimat mohon dimaafkan karena
kami sadar kami hanyalah manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan
dan dosa. Biarlah proposal ini dapat
digunakan dengan semestinya, sehingga rencana kegiatan usaha dagang kami dapat
terjadi dengan segala baik.
Comments
Post a Comment